eramuslim.com
Bismillahirrahmaanirrahiim

Sebuah kisah inspiratif yang saya copas ini sangat patut untuk dibaca, agar dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah dan Rasulnya. Selamat membaca, semoga anda dan saya tidak puas dalam mencari ilmu yang bermanfaat dan terus belajar lagi.

Diceritakan bahwa keberanian Abdullah ibn az-Zubair adalah pengaruh dari keberanian ayah dan ibunya radiallahu ‘anhuma yang ditirunya.

Al-Laits meriwayatkan dari Abul Aswad dari Urwah, katanya, “Az-Zubair memeluk Islam dalam usia 8 tahun. Suatu waktu dia pernah tersugesti oleh setan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditangkap di dataran tinggi Mekkah. Az-Zubair yang masih kanak-kanak, berusia 12 tahun keluar rumah sambil membawa pedang. Setiap orang yang melihatnya terheran-heran dan berkata, ‘Anak kecil menenteng pedang?!’ Hingga akhirnya bertemu Nabi. Nabi turut heran terhadapnya dan bertanya, ‘Ada apa denganmu wahai az-Zubair?!’ Az-Zubair mengabarkan (sugesti yang terlintas dalam pikirannya) seraya berkata, ‘Aku datang untuk memenggal dengan pedangku ini siapa pun yang menangkapmu!’ [Siyar A’lam an-Nubala, I/41-42]

Sumber: 30 Langkah Mendidik Anak Agar Mengamalkan Ajaran Agama, karya Salim Sholih Ahmad ibn Madhi, Islamhouse.com 
Artikel Kisah Muslim dengan sedikit perubahan.