Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar … Gema takbir kembali berkumandang di seluruh negeri menandai datangnya hari raya idul adha 10 Dzulhijjah 1432 H atau yang bertepatan dengan tanggal 6 Nopember 2011. Umat Islam sangat berantusias menyambut kedatangan hari besar islam ini. Begitu juga yang terjadi di Kalimantan Barat, Pontianak. Warga di Kota Pontianak sangat berantusias dan bergembira dengan datangnya perayaan yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah ini. Itu dibuktikan dengan dibanjirinya Lapangan Kodam ABW Pontianak oleh seluruh umat islam untuk melaksanakan shalat Id bersama. 

Sebelum memulai shalat, para jama'ah mengumandangkan takbir secara bersama-sama dengan dipimpin oleh Bapak Walikota Pontianak, Sutarmidji, SH. M.Hum. Kemudian para jama'ah mendengarkan pengumuman tentang jumlah hewan qurban di kota Pontianak dan sekitarnya oleh panitia Perayaan Hari Besar Islam ( PHBI ). 

Tepat Pukul 07.00, para jama'ah memulai shalat Id. Setelah selesai shalat, para jama'ah shalat Id mendengarkan khutbah dengan khusyuk. Namun ada juga beberapa jama'ah yang meninggalkan Lapangan Kodam ABW ketika khutbah sedang berlangsung.

Ketika pulang, banyak jama'ah yang berebut untuk bersalaman dengan Bapak Walikota Pontianak. Hal ini juga dimanfaatkan oleh para wartawan dan jurnalis untuk mengambil info dan gambar. Selain itu, penjual balon juga mengambil keuntungan di momen yang tepat ini. Berikut ada beberapa gambar yang saya abadikan dari Perayaan Idul Adha di Lapangan Kodam ABW Pontianak.

Para Jama'ah berdiri untuk melaksanakan shalat
Khatib menyampaikan khutbah Shalat Id
Jama'ah sangat antusias bersalaman dengan Bapak Walikota

Para jama'ah telah selesai melaksanakan shalat Id
Jurnalis dan Wartawan yang sedang mencari info dan gambar

Tampak koran yang berserakan setelah selesai shalat Id
Penjual balon juga mengambil keuntungan di momen yang tepat ini
Kemacetan yang terjadi setelah selesai shalat Id